Teknik Pengereman Ala ABS Pada Non-ABS

Monday, May 15th, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Teknik Pengereman Ala ABS Pada Non-ABS – Sistem pengereman pada jaman sekarang ini telah banyak mengadopsi teknologi ABS atau singkatan dari anti-lock braking system. Teknologi canggih ini dinilai bisa menjadikan pengereman cenderung lebih aman, utamanya pada jalanan berpasir atau saat hujan.

Teknik Pengereman Ala ABS Pada Non-ABS

Teknik Pengereman Ala ABS Pada Non-ABS (Sumber Gambar : wikimedia commons)

Masalahnya, sistem rem ABS, terlebih di sepeda motor, masih sangat minim. Harganya pun lebih mahal bila dibandingkan dengan sepeda motor pada kelas yang sama. Baru-baru ini lebih banyak rem standar atau cakram non-ABS, bahkan masih banyak juga yang masih menggunakan rem tromol.

Namun demikian, dengan teknik pengereman yang baik dan benar, sebenarnya pengguna sepeda motor dengan sistem pengereman non-ABS bisa melakukan hal yang sama halnya seperti memakai sepeda motor ABS. Sebab itu, harus diketahui terlebih dulu bagaimanakah prinsip kerja dari sistem pengereman yang canggih ini.

Logika kerja dari sistem rem ABS adalah membuat piston tak menekan berlebihan pada piring cakram dengan bantuan dari sensor. Jadi meskipun rem ditekan sangat kuat, akan tetapi piston tidaklah mengunci secara statis, namun melakukan gerakan seperti “mengocok” dengan mengencang dan mengendurkan tekanan.

Implikasinya adalah rotasi dari roda tidaklah berhenti secara mendadak. Dengan pemahaman prinsip seperti ini, maka sebenarnya pengguna sistem rem non-ABS tinggal menerapkan teknik pengereman dengan langkah tekan-lepas-tekan-lepas hingga kendaraannya benar-benar berhenti. Langkah ini mirip dengan “kocokan” yang dilakukan pada piston.

Tentunya tidak bisa sama persis. Alasannya, pada sistem rem ABS proses tekan dan lepas bahkan bisa terjadi 15 kali dalam 1 detik, yang mana tidak bisa dilakukan secara manual. Namun tentu hal ini berguna daripada menekan rem dengan begitu saja.

Dan harus ingat pada kendaraan roda dua pengereman ini harus dalam kondisi sepeda motor berdiri tegak, tidaklah miring seperti saat melahap tikungan.

Teknik Pengereman Ala ABS Pada Non-ABS | Rudiyanto | 4.5