Teknik Perpindahan Gigi Sepeda Motor Kopling

Friday, December 9th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Teknik Perpindahan Gigi Sepeda Motor Kopling – Salah satu dari beberapa teknik yang perlu dikuasai oleh pemotor supaya lebih mahir adalah bagaimanakah menurunkan gigi sambil melakukan pengereman secara halus. Dua hal tersebut bisa mempengaruhi keseimbangan jika tidak dikuasai dengan baik.

Teknik Perpindahan Gigi Sepeda Motor Kopling

Teknik Perpindahan Gigi Sepeda Motor Kopling

Teknik Perpindahan Gigi Sepeda Motor Kopling (Sumber Gambar : dirtrider)

Kondisi tersebut sebetulnya bukanlah perkara yang mudah, karena haruslah menyelaraskan putaran mesin supaya tidak overrev alias menjerit pada proses deselarasi. Oleh karena itu, praktek deselerasi antara menurunkan gigi perseneling dan melakukan pengereman untuk pemula awalnya diaplikasikan secara terpisah sebelum dilakukan secara bersamaan.

Kemampuan tersebut tidak hanya memerlukan keterampilan dari pengendara, tetapi juga kondisi dari sepeda motornya. Pada sepeda motor berjenis motor sport atau mempunyai karakter balap sudah dilengkapi slipper clutch.

Teknologi ini jika dipadukan dengan metode kopling slow release bisa menyeimbangkan antara gigi perseneling dengan putaran mesin yang tepat sesuai dengan kecepatan.

Proses menurunkan gigi perseneling pun ada tekniknya, yakni tidak dengan langsung mengoper lebih dari satu perseneling dalam sekali tarikan kopling. Cara yang lebih tepat yakni dengan cara menurunkannya satu per satu dengan dengan melakukan tarikan kopling beberapa kali sesuai dengan jumlah gigi perseneling yang diturunkan.

Tuas kopling disarankan tidak sampai terlampau dekat dengan jari pada saat ditarik. Pergerakan yang kurang efisien seperti ini menjadikan proses perpindahan gigi perseneling menjadi lebih kasar. Cara tersebut meminimalisir kesalahan ketika sinkronisasi gigi perseneling dengan putaran mesin dan juga kecepatan motor.

Posisi dari tangan ketika melakukan pengereman pun mempunyai peranan yang penting supaya langkah deselerasi berjalan dengan mulus. Posisi dari dua jari pada tangan kanan pun sebisanya mudah menggapai rem depan. Ketika gas tertutup, telunjuk dan juga jari tengah dapat dengan mudah menarik tuas dari rem depan.

Teknik Perpindahan Gigi Sepeda Motor Kopling | Rudiyanto | 4.5