Teknik Touring Sepeda Motor

Wednesday, May 31st, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Teknik Touring Sepeda Motor – Touring kendaraan roda dua atau sepeda motor merupakan kegiatan yang cukup menyenangkan. Oleh sebab itu, seluruh komunitas pastinya menjadikan kegiatan tersebut wajib.

Sama halnya seperti berkendara sepeda motor pada umumnya, ada sejumlah aspek yang harus diperhatikan menjelang kegiatan touring. Ini merupakan hal-hal yang umum semacam memastikan bahwasanya sepeda motor serta si pengendaranya dalam keadaan fit.

Teknik Touring Sepeda Motor

Teknik Touring Sepeda Motor (Sumber Gambar : barksdale)

Selain dari itu, ada juga yang harus diperhatikan dengan kolektif. Salah satunya, bagaimanakah formasi berkendara yang baik dan benar.

Formasi saat berkendara bergantung pada keadaan jalan. Apabila jalanan lengang, itu dirasa masih dapat berjalan berdampingan, berjajar. Tetapi bila sudah ramai, jalannya harus satu baris.

Baik itu saat berjajar ataupun disaat satu baris, jarak yang aman diantara satu sepeda motor dan sepeda motor lainnya haruslah diperhatikan.

Jumlah 1 rombongan pun tak boleh terlalu banyak. idealnya 1 rombongan terdapat tujuh motor. Rombongan yang kecil bisa membuat berkendara cenderung lebih nyaman dan dapat mengurangi arogansi di jalanan.

Keberangkatannya selisih tiap 15 menit sekali. Dan rombongan paling akhir bagian rombongan ‘sapu ranjau’. Tugasnya membawa sparepart, kunci-kunci, Apabila ada problem pada rombongan yang lain.

Di Dalam 1 rombongan, usahakan supaya ada minimalnya 1 orang yang mengetahui jalan.

Selain dari tim sweeping, dalam 1 kelompok juga perlu ada beberapa petugas lain. Ditambah lagi terdapat ketua rombongan serta bloker, apabila lebih dari 10.

Teknik Touring Sepeda Motor | Rudiyanto | 4.5