Tenaga Motor Injeksi Kalah Oleh Motor Karbu?

Monday, February 29th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Ketokoku.net – Santer terdengar selintingan informasi mengenai tenaga motor injeksi yang lebih lemah bila dibandingkan dengan jenis motor karbu. Hal itu tentu saja mempengaruhi sebagian orang yang berniat memiliki motor baru yang notabene sudah banyak yang menggunakan teknologi injeksi. Lalu apakah benar informasi tersebut?

Tenaga Motor Injeksi Kalah Oleh Motor Karbu?

Tenaga Motor Injeksi Kalah Oleh Motor Karbu?

Tenaga Motor Injeksi Kalah Oleh Motor Karbu?

“Masalah tenaga yang dihasilkan oleh motor injeksi tergantung pada desainnya menurut saya. Jadi apakah motor tersebut didesain sebagai motor bertenaga atau tidak. Apabila mau irit, tenaga motor menjadi dikurangi. Dan sebaliknya, apabila motor ingin lebih bertenaga maka konsumsi bahan bakarlah yang harus dikorbankan,” ungkap Wedijanto Widarso, General Manager Technical Service Division PT AHM.

Namun apabila melihat produksi motor saat ini, pabrikan akan mencari setelan yang maksimal, yang berarti tenaga besar namun konsumsi bahan bakar tetap minimal.

Wedi menambahkan, “Intinya adalah tergantung pada jenis motornya. Seperti motor Sonic dan motor CB150R, mesin bisa jadi sama, tetapi settingannya dibuat berbeda, dan derajat pengapiannya pun berbeda”.

Jadi dapat disimpulkan bahwa informasi mengenai motor injeksi kalah tenaganya dibandingkan dengan jenis motor karbu hanyalah mitos belaka. Bahkan diketahui motor sport yang mempunyai tenaga sangat besar pun tidak sedikit yang sudah menggunakan teknologi mesin injeksi.

Tenaga Motor Injeksi Kalah Oleh Motor Karbu? | admin | 4.5