Tips Aman Menghadapi Lubang Jalanan

Monday, February 6th, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Tips Aman Menghadapi Lubang Jalanan – Jalan yang berlubang tentu akan sangat berbahaya utamanya untuk para pengendara sepeda motor. Pengendara sepeda motor yang menghantam jalanan yang berlubang dapat beresiko jatuh, kendaraannya pun akan rusak.

Tips Aman Menghadapi Lubang Jalanan

Tips Aman Menghadapi Lubang Jalanan

Tips Aman Menghadapi Lubang Jalanan (Sumber Gambar : google image)

Kemudian bagaimana mensiasati ketika berkendara pada jalan penuh lubang? Ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan. Pengendara dari sepeda motor haruslah terlebih dulu memahami kunci penting ketika berkendara yaitu kendali dan juga keseimbangan.

Ketika berkendara pada jalanan bergelombang pengendara haruslah mampu menguasai keseimbangan sepeda motor yang dikendarainya tersebut. Pastikanlah pengendara ada di posisi center of gravity, sepeda motor akan mengikuti arah dari sudut jalan.

Apabila pengendara menghantam jalanan yang berlubang, diusahakan pengendara sepeda motor menyeimbangkan tubuhnya. Supaya ketika menghantam jalanan berlubang, pengendara tidak jatuh dari sepeda motor.

Angkatlah sedikit tubuh pengendara guna meredam guncangan. Aturlah sudut tangan rider sehingga bisa meredam guncangan. Peganglah grip dari stang dengan cukup erat, sehingga keseimbangan sepeda motor terjaga.

Dalam segi pertahanan terhadap diri, pengendara yang sedang dalam kecepatan tinggi diusahakan untuk mengurangi kecepatan dari sepeda motor saat akan mengetahui terdapat lubang jalanan, bukannya dengan menambah kecepatan, semisal yang diyakini oleh sebagian pengendara. Sehingga hal ini bisa meminimalisir terjadinya sejumlah hal yang tidak diinginkan.

Sebelum masuk pada lubang remlah dengan perlahan, jangan direm dengan tiba-tiba, dikarenakan shockbreaker depan bisa saja patah ataupun jebol. Yang paling penting jagalah jarak aman dan pengendara haruslah peka terhadap kondisi jalanan yang akan dilalui.

Tips Aman Menghadapi Lubang Jalanan | Rudiyanto | 4.5