Tips Bijak Memilih Pelumas Rantai Sepeda Motor

Tuesday, December 20th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Tips Bijak Memilih Pelumas Rantai Sepeda Motor – Tidak sedikit masyarakat yang selalu memanfaatkan oli bekas guna melumasi rantai sepeda motor. Akan tetapi, hal tersebut sebetulnya sangatlah tidak dianjurkan. Memakai oli bekas untuk pelumas bisa memperpendek usia rantai dan berpotensi menimbulkan tumpukan kotoran pada rantai sepeda motor

Tips Bijak Memilih Pelumas Rantai Sepeda Motor

Tips Bijak Memilih Pelumas Rantai Sepeda Motor (Sumber Gambar : mcnews)

Pemakaian oli bekas, tentu saja sangat tidak disarankan. Mengingat oli bekas tersebut membawa banyak residu sisa dari pembakaran serta kotoran yang terbuang dari bagian dalam mesin.

Pelumas memang sangat bermanfaat untuk rantai guna mengurangi level gesekan. Namun jika oli mengandung kotoran, justru menjadikan gesekan diantara komponen lebih besar. Di samping itu kotoran serta debu jalanan dapat menempel dengan sangat mudah karena sifatnya yang mudah menempelkan debu.

Memakai oli baru pun bukanlah keputusan yang tepat, mengingat oli mesin tidak dirancang untuk melumasi rantai sepeda motor.

Lebih baik gunakanlah pelumas khusus rantai sepeda motor. Pelumas tersebut dapat membersihkan kotoran yang melekat pada rantai sepeda motor, sekaligus bisa membuangnya pada saat rantai sedang berputar.

Apabila memperhatikan fisik, cara kerja serta tingkat kekentalan oli memang cukup berbeda dengan fisik pelumas khusus rantai. Oli memiliki karakter sama halnya minyak kayu putih yang tak lengket. Perbedaannya, minyak kayu putih cepat sekali menguap, sedangkan pada pelumas rantai tidaklah kering serta cepat dan tetap memberikan pelumasan pada komponen rantai. Kendati begitu, pelumas tetap mempunyai masa pemakaian. Jika rantai terlihat kotor lagi, itu menandakan perlunya dilakukan penyemprotan ulang.

Tips Bijak Memilih Pelumas Rantai Sepeda Motor | Rudiyanto | 4.5