Tips Memilih Suspensi Mobil Berkualitas

Monday, December 19th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Tips Memilih Suspensi Mobil Berkualitas – Tidak selamanya komponen mobil terbaru selalu pada keadaan yang baik. Ada kalanya komponen mengalami kerusakan ataupun sudah habis masa pemakaiannya sehingga mewajibkan pemilik mobil untuk mengganti komponen atau onderdil tersebut.

Hal ini juga berlaku pada suspensi yang bekerja sangat aktif pada saat mobil melaju. Komponen tersebut berfungsi guna meredam guncangan. Selain dari itu suspensi juga mempunyai tugas untuk menahan ayunan dari bobot mobil sampai ratusan kilogram serta memberikan kenyamanan dan juga pengendalian yang stabil pada saat bermanuver.

Tips Memilih Suspensi Mobil Berkualitas

Tips Memilih Suspensi Mobil Berkualitas

Tips Memilih Suspensi Mobil Berkualitas (Sumber Gambar : fast car)

Apabila komponen tersebut dirasa harus diganti, umumnya sejumlah bengkel menyarankan untuk menggantinya dengan sparepart asli atau genuine part atau istilahnya standar pabrikan. Pemilihan suspensi tentu tidak boleh sembarangan, karena produsen mobil tentunya sudah melakukan pengujian atau riset untuk memilih suspensi yang tepat.

Dari sisi kualitas dinilai sangat baik untuk menghindari penggunaan suspensi rekondisi yang masa pakainya cenderung lebih pendek lagi. Seperti yang sudah diketahui, sejumlah bengkel penjual sparepart mobil tidak cuma menjual suspensi genuine part, akan tetapi juga menjual suspensi aftermarket. Produk aftermarket tersebut diklaim mempunyai kualitas yang tidak kalah baik.

Di samping itu, harga jual dari suspensi aftermarket tersebut umumnya lebih terjangkau dibanding suspensi genuine parts. Hal tersebut menjadi keuntungan tersendiri untuk pemilik mobil yang mempunyai biaya terbatas untuk membeli suspensi baru.

Banyak merk suspensi mobil yang telah beredar di pasaran, dengan sejumlah karakter yang berbeda antara merk satu dengan merk lainnya. Merk suspensi yang sering dijumpai adalah DII, Tokicho, Bilstein dan KYB. Hal tersebut terkadang justru membuat calon pembeli menjadi kebingungan ketika akan membeli.

Tips Memilih Suspensi Mobil Berkualitas | Rudiyanto | 4.5