Tips Mencegah Mesin Mobil Panas Saat Macet

Thursday, June 29th, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Tips Mencegah Mesin Mobil Panas Saat Macet – Kemacetan lalu lintas saat ini adalah hal yang nyaris tidak dapat dihindari lagi oleh para pemudik. Sebab itulah, kondisi dari kendaraan harus betul-betul diperhatikan, utamanya mesin dan juga bahan bakar supaya tidak menjadi masalah baru pada saat berhadapan dengan kemacetan.

Tips Mencegah Mesin Mobil Panas Saat Macet

Tips Mencegah Mesin Mobil Panas Saat Macet (Sumber Gambar : wikimedia commons)

Pada kondisi jalan yang macet mesin dari kendaraan bekerja lebih ekstra, terlebih bila kendaraan terjebak di dalam kemacetan dengan jangka waktu yang sangat lama.

Mesin pada kendaraan tentunya akan cepat panas dalam kondisi jalanan macet, kendaraan tidak lagi bisa memanfaatkan angin yang masuk sebagai elemen pendingin untuk mesin.

Efek yang diperoleh adalah mesin yang terus meningkat temperaturnya. Analoginya, mesin hidup akan panas, sementara itu pendinginnya cuma mengandalkan kipas dari mesin atau cooling fan. Padahal, jika mobil berjalan dengan tanpa hambatan pendinginan pun bisa terbantu oleh angin yang mengenai bagian depan mobil pada komponen radiator.

Selain demikian, kendaraan akan rentan mengalami masalah seperti mogok, karena pada kondisi mesin panas ketika macet, kualitas dari pelumas atau oli cenderung lebih cepat menurun.

Supaya semuanya itu tidak terjadi, kami mempunyai tips khusus. Terlebih untuk mobil atau kendaraan yang mempunyai usia yang agak tua.

Perhatian ekstra untuk mobil yang telah berusia lanjut. Sebaiknya memeriksa cooling fan sebelum dibawa bepergian. Periksa juga volume air pendingin, jika perlu bawalah air cadangan untuk air radiator atau coolant. Jika memang macet cukup parah sebaiknya matikan dulu mobil supaya bahan bakarnya lebih irit.

Tips Mencegah Mesin Mobil Panas Saat Macet | Rudiyanto | 4.5