Tips Mencegah V-Belt Motor Matik Putus

Thursday, June 15th, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Tips Mencegah V-Belt Motor Matik Putus – V-belt di sepeda motor matik berfungsi untuk mentransfer tenaga dari mesin menuju roda belakang. Tanpa adanya itu, pastinya ban tidak akan bisa bergerak. Sepeda Motor pun tidak akan bisa melaju.

Tips Mencegah V-Belt Motor Matik Putus

Tips Mencegah V-Belt Motor Matik Putus (Sumber Gambar : wikimedia)

Masalahnya, posisi dari V-Belt ini tak terlihat seperti halnya rantai sepeda motor pada umumnya. Kita cuma dapat mengetahui V-Belt putus pada saat hal tersebut sudah terjadi. Tentunya hal tersebut sangatlah merepotkan, terlebih jika dalam perjalanan serta tidak ada bengkel di sekitar jalanan yang kita lalui.

Oleh karena itu perawatan V-Belt sepeda motor menjadi sangat penting. Karena bagaimanapun, V-Belt terbuat dari material karet, yang lama kelamaan akan mengeras dan juga getas. Terlebih jika terpapar panas dikarenakan putaran mesin setiap harinya.

Oleh sebab itu, disarankan supaya pemilik sepeda motor matik secara rutin merawat bagian tersebut. Angka 15 ribu km merupakan batasan normal untuk pengecekan V-Belt.

Jadi jika sedang dicek ternyata telah getas, dapat langsung diganti tanpa harus putus terlebih dulu.

Lalu, jika sepeda motor matiknya sudah berusia 5 tahun, sebaiknya juga melakukan pemeriksaan pada mangkuk kopling. Karena, rumah kopling yang telah tipis menyebabkan kerja V-Belt makin berat.

Mengenai harga, V-Belt sepeda motor matik cukup beragam, tergantung pada jenisnya. Tipe dengan pabrikan Honda umumnya di atas 100 ribu rupiah, jika untuk pabrikan seperti Yamaha Mio harganya masih di bawah 100 ribu, semuanya ditambah dengan biaya jasa.

Tips Mencegah V-Belt Motor Matik Putus | Rudiyanto | 4.5