Tips Menderek Mobil

Friday, August 19th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Tips Menderek Mobil – Mobil mogok pada tengah perjalanan adalah hal yang cukup jarang, tetapi hal ini dapat terjadi kepada siapa saja. Jalan keluarnya adalah panggil montir atau bisa saja di derek, dapat dilakukan menggunakan mobil teman mobil derek khusus.

Tips Menderek Mobil

Tips Menderek Mobil (Sumber Gambar : toyotaanzon)

Untuk petugas derek tentunya masalah ini sudah jadi pekerjaan mereka, lantas bagaimana dengan kita, yang belum mengetahui cara menderek yang baik dan tentunya aman, Inilah tips menderek mobil dari kami :

Siapkan tali penarik yang cukup kuat, dari yang berbahan baja ataupun tali tambang. Ada baiknya Anda juga menyiapkan tali penarik pada bagasi mobil guna meminimalisir hal yang tak terduga.

Berat mobil penderek bagusnya lebih besar ataupun sama dengan mobil yang lekas diderek, hal ini guna memudahkan jalanya penderekan.

Pemasangan tali derek di tempat yang tepat, umumnya ada beberapa mobil yang mempunyai hook atau pengait di bagian bemper depan ataupun belakang. Anda dapat melihat pada manual book untuk lebih jelasnya.

Usahakan jangan mengikat tali derek di suspensi ataupun bemper yang kurang kuat menahan berat kendaraan, dikarenakan bisa saja terlepas dan tentunya akan membahayakan keselamatan.

Panjang tali derek sebaiknya di perhitungkan juga, umumnya sekitar 3-4 meter atau kurang lebih seseuai panjang bodi mobil yang mau diderek. Hal ini bermaksud supaya mudah ketika berbelok dan juga pada saat pengereman

Ketika menderek, usahakan tali tak kendor guna meminimalisir hentakan dan resiko tali yang putus. Melaju secara perlahan ketika mulai berangkat dan melaju dengan laju stabil. Idealnya penderekan melaju pada kecepatan maksimal 30 sampai 40 km/jam.

Kenali serta diskusikan mengenai jalur yang akan dilalui pada saat menderek, sehingga memudahkan pada proses penderekan. Hindari jalur jalan yang berlubang, turunan serta tanjakan dan juga persimpangan.

Hidupkan lampu utama ketika penderekan guna memberi sinyal pada pengguna jalan lain. Ketika berhenti sebisanya nyalakan lampu hazard.

Ketika berbelok nyalakan lampu sein jauh sebelum masuk tikungan, supaya pengendara lainnya dapat mengantisipasi.

Bagi mobil yang diderek, jika ada masalah di mobil, Anda dapat memberi tanda dengan menyalakan lampu jauh ataupun klakson pada mobil yang ada didepan.

Tips Menderek Mobil | Rudiyanto | 4.5