Tips Mengemudi Dijalanan Pegunungan

Monday, August 1st, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Tips Mengemudi Dijalanan Pegunungan – Ada banyak medan jalanan yang akan kita lewati saat berkendara. Bisa jalan di perkotaan yang cukup padat dan macet, bisa juga jalanan dengan background pegunungan yang menanjak serta menurun yang sangat curam. Berkendara di daerah pegunungan memang cukup menyenangkan. Selain dikarenakan udara yang sejuk, medan jalanannya pun cenderung lebih lenggang.

Akan tetapi, berkendara di jalanan yang menanjak dan menurun seperti di wilayah pegunungan memerlukan konsentrasi dan kemampuan berkendara yang mumpuni. Anda diwajibkan mewaspadai tikungan saat jalanan yang menanjak ataupun menurun, menapaki jalanan menanjak yang mungkin memerlukan kita berhenti saat kita berada di tengah perjalanan serta jalanan menurun yang curam.

Tips Mengemudi Dijalanan Pegunungan

Tips Mengemudi Dijalanan Pegunungan

Tips Mengemudi Dijalanan Pegunungan (Sumber Gambar : Mbatang)

Jika tidak terbiasa, tentunya akan ada banyak resiko yang dapat muncul secara tiba-tiba. Misalnya kendaraan yang bahkan berjalan mundur sehingga rem menjadi panas dan menjadi tidak berfungsi atau blong. Oleh karena itu, kami akan mencoba memberikan beberapa tips yang bisa anda perhatikan bila Anda akan mengemudi di jalanan pegunungan yang menanjak dan menurun.

Jalanan dengan background pegunungan yang menanjak dan menurun, disertai tikungan tajam akan memaksa mobil Anda untuk bekerja lebih keras dari medan jalanan yang biasa Anda tempuh. Oleh karena itu, pastikan kendaraan yang akan Anda kemudiakan dalam kondisi yang prima. Lakukan pengecekan terhadap seluruh sparepart dan komponen sebelum melakukan perjalanan. Beberapa komponen yang harus diperiksa adalah Mesin, rem, radiator, kopling serta ban.

Setelah memastikan kendaraan dalam kondisi yang prima, maka pastikan juga Anda dalam kondisi yang sehat dan bugar untuk mengendarai mobil tersebut. Jalanan yang menanjak dan menurun dan tikungan tajam memerlukan respon yang cepat dan konsentrasi yang cukup tinggi. Apalagi bila Anda belum familiar dengan jalur tersebut.

Untuk jalan menanjak, berkendaralah dengan posisi perseneling yang rendah. Dengan begitu, mesin mobil akan bekerja pada RPM yang tinggi untuk mendapat tenaga yang cukup di jalan yang menanjak tersebut. Apalagi pada saat tanjakan yang termasuk panjang dan curam. Situasi seperti ini akan memaksa kendaraan mengkonsumsi bahan bakar cenderung lebih banyak. Oleh karena itu, pastikan tangki bahan bakar mobil sudah terisi penuh sebelum pada jalanan tersebut.

Pada saat akan menapaki tikungan, pastikan Anda mengurangi kecepatan atau memperlambat laju dari mobil anda. Jangan memotong atau menyalip kendaraan lain saat Anda berada di wilayang tikungan. Hal tersebut akan sangat berbahaya dan beresiko tinggi. Bila diperlukan, bunyikanlah klakson untuk memberi isyarat pada kendaraan yang akan datang dari arah yang berlawanan.

Bila jalur yang dilintasi didominasi oleh jalanan yang menurun, gunakan engine brake untuk memperlambat laju mobil. Dengan begitu, Anda telah mengurangi beban kerja rem mobil anda. Anda bisa membaca cara pengoperasian engine brake mobil, baik pada kendaraan manual atau kendaraan matic.

Selalu mantapkan kendaraan Anda pada jarak aman dengan mobil atau kendaraan lain yang ada di depan Anda. Pastikan selalu mengemudi di lajur kiri serta jangan terlalu tengah. Jika merasa lelah, istirahat sebentar dan turun dari kendaraan untuk memulihkan kondisi.

Demikian beberapa tips mengemudi mobil di jalanan menanjak dan menurun di daerah pegunungan. konsentrasi pada jalanan adalah hal yang paling penting saat mengemudi di jalanan tersebut.

Tips Mengemudi Dijalanan Pegunungan | Rudiyanto | 4.5