Tips Mengemudi Mobil Di jalan berdebu

Wednesday, July 12th, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Tips Mengemudi Mobil Di jalan berdebu – Beberapa ruas jalan tol fungsional dinilai masih banyak kendala termasuk keberadaan dan banyaknya debu disertai kerikil. Dengan kondisi jalanan yang berdebu serta berkerikil ini, tentu bisa membuat kendaraan menjadi kurang stabil.

Tips Mengemudi Mobil Di jalan berdebu

Tips Mengemudi Mobil Di jalan berdebu (Sumber Gambar : pixabay)

Demi keselamatan dalam berkendara, ada sejumlah hal yang harus diperhatikan pengemudi pada saat melintasi jalur yang berdebu dan juga berkerikil.

Yang Pertama, pastikanlah semua kaca kendaraan dalam kondisi atau keadaan tertutup dengan rapat serta sirkulasi udara tertutup dari bagian luar, sehingga udara yang kotor tidak masuk pada kabin mobil.

Pastikan juga seluruh penumpang sudah menggunakan seat belt dengan baik dan benar, nyalakanlah AC pada kondisi kabin mobil tidak terlalu dingin.

Disarankan untuk melintas pada kecepatan maksimal 80 km per jam. Akan tetapi, kurangilah kecepatan jika lintasan tampak bergelombang. pada saat melintas di jalan yang berkerikil ataupun berpasir, cengkraman atau traksi roda pada lintasan tentu berkurang, oleh karena itu, kendaraan bisa dengan mudah selip. Pastikanlah ban yang dipakai mempunyai telapak yang cukup baik, kurangilah kecepatan pada saat melintas di jalan yang berkerikil.

Selain dari itu, harus diingat untuk terus tetap menjaga jarak aman dengan sejumlah kendaraan yang ada di depan ataupun di belakang Anda. Bila jarak cukup, Pengemudi tidak akan kaget pada saat kendaraan yang ada di depan melakukan pengereman. Kemudian, amati spion bila kendaraan yang ada di belakang terlalu dekat, bila demikian berilah kesempatan supaya bisa mendahului.

Janganlah terlalu banyak memainkan setir, kendaraan bisa saja oleng, karena itu kurangilah kecepatan. Lakukanlah pengereman dengan sangat halus, tidak dianjurkan menginjak pedal rem terlalu dalam, kocoklah rem dengan sangat halus.

Tips Mengemudi Mobil Di jalan berdebu | Rudiyanto | 4.5