Tips Menjaga Terminal Aki Dari Korosi

Thursday, January 5th, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Tips Menjaga Terminal Aki Dari Korosi – Peranan aki di kendaraan memang sangat penting dan bisa dikatakan vital. Tanpa komponen tersebut, seluruh bagian kendaraan yang memerlukan arus listrik tidak dapat berfungsi. Akan tetapi, meskipun terbilang sangat penting, banyak dari pemilik kendaraan seperti mobil yang lalai terhadap perawatan komponen aki kendaraan mereka. Akibatnya, banyak ditemui kasus terminal aki tersebut yang mengalami korosi.

Tips Menjaga Terminal Aki Dari Korosi

Tips Menjaga Terminal Aki Dari Korosi

Tips Menjaga Terminal Aki Dari Korosi (Ducati Scrambler Forum)

Munculnya korosi dapat menyebabkan arus listrik tidak dapat mengalir dengan sempurna. Oleh kerena itu, penting untuk menjaga terminal aki tersebut dari serangan korosi, sehingga akan selalu siap digunakan setiap saat.

Lalu, langkah apakah yang harus dilakukan supaya tidak muncul korosi pada terminal aki? Berikut dibawah ini adalah Tips Menjaga Terminal Aki Dari Korosi:

Hal yang pertama yang perlu diperhatikan supaya terminal aki tidak mengalami korosi yakni kekencangan dari kabel aki. Ikatan kabel dan juga terminal haruslah presisi. Apabila longgar, maka dapat memicu munculnya korosi. Kemunculan korosi tersebut disebabkan dari pengendapan senyawa kimia yang terdapat pada ruang mesin dengan udara. Janganlah membiarkan adanya celah diantara kutub aki dengan kabel.

Pastikanlah ikatan tersebut tidak longgar, sehingga tidak akan ada celah udara yang kan terjebak. Lebih baik juga bila sesudah dikencangkan secara presisi, olesi dengan gemuk secukupnya. Aki dengan tipe basah beresiko mengalami korosi cenderung lebih besar. Hal tersebut diakibatkan adanya air aki yang menguap, dan mengakibatkan kandungan udara di sekitar aki bisa memicu munculnya zat yang dapat menyebabkan korosi.

Tips Menjaga Terminal Aki Dari Korosi | Rudiyanto | 4.5