Tips Menyalip Kendaraan Besar

Monday, October 3rd, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Tips Menyalip Kendaraan Besar – Tidak sedikit jumlah pengendara sepeda motor yang terlibat kecelakan di jalan raya dikarenakan kurang waspada pada saat berkendara. Guna menghindari kecelakaan di jalan raya, sebaiknya pengendara mematuhi rambu jalan ketika berlalu lintas. Pada saat mencoba menyalip kendaraan pun wajib waspada, karena jika tidak waspada, resiko yang akan dihadapi adalah kecelakaan.

Tips Menyalip Kendaraan Besar Yang Aman

Para pengendara motor sering tidak memperhatikan keadaan disekitarnya pada saat ingin menyalip kendaraan yang besar yang ada di depannya. Dibawah ini merupakan tips menyalip kendaraan besar dengan aman.

Tips Menyalip Kendaraan Besar

Tips Menyalip Kendaraan Besar (Sumber Gambar : gov.uk)

Memperhatikan Kondisi Jalan
Selalu pergunakan lampu sein yang ada pada motor. Produsen motor membuat lampu sein pasti ada tujuannya. Untuk menyalip kendaraan yang besar, hidupkan lampu sein kanan dan Anda harus menyalip dari sebelah kanan karena memang sudah seharusnya demikian.

Berikan Tanda
Pada saat ingin menyalip kendaraan yang ada di depan Anda, sebaiknya Anda memberikan tanda pada kendaraan lain yang ada di sekitar Anda, dengan mempergunakan lampu jauh ataupun mempergunakan klakson yang ada pada motor Anda. Hal tersebut bermaksud memberitahukan bahwa Anda ada di dekat kendaraan mereka.

Perhatikan Kondisi Kendaraan Lain
Perhatikanlah kendaraan lain yang juga melaju dari arah yang berlawanan. Jika tidak terdapat kendaran lain, Anda bisa segera menyalip kendaraan besar yang ada di depan anda.

Berkendaralah sesuai dengan etika berkendara yang akan menjadikan Anda merasa lebih aman. Pikirkan secara matang pada saat Anda akan menyalip kendaraan kecil terlebih lagi kendaraan besar, Gunakanlah perhitungan yang sangat matang ketika akan menyalip.

Tips Menyalip Kendaraan Besar | Rudiyanto | 4.5