Tips Modifikasi Velg Yang Aman

Wednesday, September 28th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Tips Modifikasi Velg Yang Aman – Penggantian velg umumnya disebabkan oleh tampilan, performa, ataupun hanya mengganti velg yang sudah rusak. Dan pemilik kendaraan cenderung lebih memilih untuk mengganti velg standar bawaan pabrik dengan produk aftermarket guna merubah tampilan.

Tips Modifikasi Velg Yang Aman

Tips Modifikasi Velg Yang Aman (Sumber Gambar : seputarmodifikasimobil)

Masalah mengenai velg berarti juga membahas tentang ban. Pada penggantian velg, dimensi yang baik itu, lebar, diameter, dan off side pastinya jadi acuan supaya substitusi memberikan hasil yang baik secara maksimal.

Yang pasti ketika dipasang, velg yang dipasang tersebut tak mengganggu pada saat mobil sedang bermanuver. Untuk penggantian velg lebih baik jangan memilih velg yang terlampau lebar dikarenakan akan mempengaruhi grip ban ketika menyentuh aspal atau tanah.

Penggantian velg dengan lebar yang berlebih akan menghambat laju kendaraan. Jika ingin mengganti, sebaiknya diameter velg tidak terlalu besar dikarenakan akan mempengaruhi besaran ban serta bobot velg sehingga akan berpengaruh pada performa dan kinerja kendaraan.

Gunakanlah metode Plus Two yang jadi patokan pada penggantuan diameter velg. Misal, velg standar mobil 15 inci dapat diganti dengan velg berdiameter 17 inci.

Selain dari itu, perlu diperhatikan juga off side nya yang berarti angka penunjuk berapakah menjoroknya permukaan tengah velg pada ring luar velg. Besaran off side umumnya ditandai dengan code ET. Makin kecil angkanya, tandanya velg akan semakin cekung ke bagian dalam serta bibir luar velg akan terlihat keluar batas bodi mobil. Efek dari penggantian velg menggunakan off side yang tidak sesuai di indikasikan dengan terjadinya gesekan diantara roda dengan mangkuk shockbreaker.

Demikianlah artikel tentang Tips Modifikasi Velg Yang Aman yang bisa kami jelaskan. Cermat dan bijaklah ketika memodifikasi kendaraan, supaya rasa aman dan nyaman ketika berkendara terjaga dengan baik.

Tips Modifikasi Velg Yang Aman | Rudiyanto | 4.5