Tips Ringan Merawat Mesin Turbo

Saturday, February 11th, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Tips Ringan Merawat Mesin Turbo – Tidak dipungkiri mesin turbo pada saat ini sudah menjadi sebuah alternatif guna meningakatkan daya kuda yang dihasilkan oleh mesin tanpa perlu menambah bobot dari mobil. Prinsip dari kerja mesin turbo adalah mengkompresi udara menuju mesin guna meningkatkan jumlah dari molekul oksigen yang masuk menuju silinder.

Tips Ringan Merawat Mesin Turbo

Tips Ringan Merawat Mesin Turbo (Sumber Gambar : Fast Car)

Karena peran dari komponen tersebut sangat vital, tentunya perawatan merupakan hal yang wajib dilakukan apabila ingin mesin turbo bisa awet dan tahan lama.

Merawat mesin turbo kuncinya adalah dengan membiarkan mesin langsam alias idle satu menit sesudah starter ataupun semenit sebelum dimatikan,” Hal tersebut Dikatakan oleh seorang Technical Training dari PT Tata Motors Distribusi Indonesia atau TMDI, di DKI Jakarta, Februari 2017.

Selain dari itu, hal yang lain yang perlu diperhatikan adalah melakukan pengecekkan oli mesin baik itu kapasitasnya serta kualitasnya. Karena apabila oli mesin berkurang pasti pelumasan pada turbo pun akan berkurang. ‚ÄúSelain dari itu interval dari penggantian oli pun harus disiplin. Jika di pabrikan Tata sekitar 10.000 kilometer perlu ganti oli mesinnya, sekalian juga oli filternya”.

Pemeriksaan atau pengecekkan rutin yang selanjutnya, yaitu saringan udara. Sebab apabila jarang sekali dibersihkan, kotoran tentu akan masuk serta merusak poros turbo. “Pada As turbo terdapat seal, apabila seal tersebut tergores. oli akan bocor, dan hal tersebut tidak bisa dideteksi dari luar. Bisa saja oli akan terus berkurang dengan bertahap. Apabila bocor, lama kelamaan mesinnya bisa jebol.

Tips Ringan Merawat Mesin Turbo | Rudiyanto | 4.5