Tips Sederhana Merawat Motor di Musim Hujan

Saturday, January 30th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Ketokoku.net – Sobat ketokoku.net hampir setiap hari kota kita diguyur hujan. Karena itu, kita dituntut untuk lebih perhatian pada banyak hal. Yang paling perlu untuk diperhatikan adalah si hujan itu sendiri. Sobat harus bisa memprediksi apakah hari ini akan turun hujan, jika sudah bisa diprediksi maka sobat memutuskan untuk membawa jas hujan atau tidak, harus pergi atau tidak. Ada yang lebih penting lagi, khusus untuk sobat pengguna sepeda motor, yaitu perawatan motor di musim hujan harus lebih diperhatikan. Karena mengapa? Karena dengan perawatan yang lebih diperhatikan maka motor meski setiap hari diajak hujan-hujanan tidak akan mengalami masalah.

Tips Sederhana Merawat Motor di Musim Hujan

Tips Sederhana Merawat Motor di Musim Hujan

Tips Sederhana Merawat Motor di Musim Hujan

Di artikel ini admin memberikan tips sederhana bagaimana cara merawat motor di musim hujan. Admin mengutip pernyataan dari mbahnya kendaraan jenis roda dua, beliau adalah Ridwan Arifin, seorang Service Education dari PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

Beliau mengatakan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merawat motor di musim penghujan, setidaknya ada 3 poin yang harus sobat lakukan, yaitu:

1. Sobat harus segera membilas motor dengan menggunakan air bersih seperti air sumur setelah dibawa bersama hujan-hujanan. Sobat kan tahu sendiri, air hujan itu lebih banyak mengandung asam yang efeknya akan lebih cepat menyebabkan karat pada bagian motor yang terbuat dari logam, serta juga bisa cepat merusak cat.

2. Bagi sobat yang suka menyimpan jas hujan di bagian depan, hindari itu mulai dari sekarang. Karena dengan menyimpan jas hujan basah di bagian depan motor, akan membuat lensa lampu utama menjadi berubah bentuk.

3. Jangan sampai telat memberi pelumas pada rantai, apalagi tidak sama sekali. Dengan rajin melumasi rantai motor maka motorpun akan tetap nyaman dan rantai tidak mudah aus.

Itulah 3 poin yang perlu sobat perhatikan dalam merawat motor di musim penghujan.

Tips Mengendarai Sepeda Motor Aman di Musim Hujan

Selanjutnya sobat juga harus lebih berhati-hati dalam berkendara saat hujan. Beberapa hal yang harus diperhatikan saat berkendara di bawah guyuran air hujan menurut Ridwan adalah:

1. Sebelum berangkat berkendara, pastikan terlebih dahulu kondisi ban motor sobat. Perhatikan tekanan angin ban dan ketebalan ban demi menjaga supaya tidak terjadi slip saat berkendara yang ujungnya akan membahayakan sobat sekalian.

2. Selain ban, periksa juga kondisi rem, baik rem depan maupun rem belakang.

3. Yang terakhir periksa bagian kelistrikan motor sobat. Jangan sampai air mengalir melalui kabel-kabel yang tidak terpasang dengan benar dan terjadi konslet.

Itulah beberapa tips sederhana merawat motor di musim hujan dan tips berkendara dengan aman di musim hujan. Semoga bermanfaat buat sobat sekalian. Baca juga informasi yang masih berkaitan yaitu tentang ban tubeless pada artikel kelebihan dan kekurangan ban tubeless.

Tips Sederhana Merawat Motor di Musim Hujan | admin | 4.5