Tips Singkat Membersihkan Karat Sepeda Motor

Tuesday, April 18th, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Tips Singkat Membersihkan Karat Sepeda Motor – Seiring dengan berjalannya penggunaan, pipa pada knalpot sepeda motor akan berkarat. Terlebih jika Anda malas untuk membersihkan kotoran seperti lumpur yang sering melekat sesudah hujan.

Tips Singkat Membersihkan Karat Sepeda Motor

Tips Singkat Membersihkan Karat Sepeda Motor (Sumber Gambar : public domain pictures)

Korosi umumnya terjadi pada bagian leher knalpot sehingga tidak terlalu terpantau dan terlihat. Tetapi tentu saja hal tersebut akan mengganggu segi penampilan sepeda motor dan dapat mengakibatkan pipa knalpot tersebut keropos.

Sebenarnya, cara untuk membersihkan karat pada komponen knalpot sepeda motor cukup mudah. Alat yang diperlukan hanyalah sabun dan sikat kawat.

Pertama-tama, siramlah knalpot dengan air, kemudian oleskan sabun, sesudah itu barulah merontokkan karat dengan memakai sikat kawat.

Sabun apa saja sebenarnya dapat digunakan, semisal sabun colek yang cukup murah. Sejumlah sumber juga menyebutkan bahwasanya porstex atau cairan pembersih khusus keramik dan bahkan bensin juga dapat digunakan untuk membersihkan knalpot sepeda motor.

Knalpot sepeda motor yang hendak dibersihkan pun tidak perlu dicopot. Posisi knalpot sepeda motor mudah dijangkau, jadi dapat langsung dibersihkan tanpa harus dicopot terlebih dulu.

Perhatikan juga perawatan setelah membersihkan knalpot sepeda motor tersebut. Ada baiknya bila langsung dibersihkan sesaat sesudah menempuh jalanan berlumpur, setelah kehujanan atau melintasi jalanan tidak beraspal. Terlebih jika Anda berdomisili di wilayah pedesaan.

Tips Singkat Membersihkan Karat Sepeda Motor | Rudiyanto | 4.5