Titik Pelumasan Gemuk Dan Oli Pada Sepeda Motor

Thursday, April 13th, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Titik Pelumasan Gemuk Dan Oli Pada Sepeda Motor – Oli dan juga gemuk merupakan 2 produk kimiawi yang mempunyai manfaat untuk kendaraan bermotor. Kedua zat tersebut berguna untuk mengurangi kerasnya gesekan, mencegah panas dan aus, juga untuk sarana pendingin.

Titik Pelumasan Gemuk Dan Oli Pada Sepeda Motor

Titik Pelumasan Gemuk Dan Oli Pada Sepeda Motor (Sumber Gambar : wikimedia)

Baik oli maupun gemuk juga mempunyai manfaat sebagai bahan untuk pembersihan, yakni mengeluarkan dan juga mencegah kotoran masuk pada bagian-bagian yang terlumasi. Dengan demikian, dengan otomatis oli dan juga gemuk juga dapat mencegah karat yang disebabkan oleh zat air.

Walaupun demikian, peruntukkan dari keduanya jelas sangat berbeda. Pada kendaraan roda 2 atau sepeda motor misalnya, 1 komponen diharuskan memakai gemuk, sementara untuk komponen lain memakai oli. Oli juga berbeda-beda jenisnya, ada oli mesin, oli rantai dan lain-lain.

Dari segi fisiknya, oli dirasa lebih cair atau bisa disebut liquid. Sementara untuk gemuk wujudnya stengah padat atau bisa dikatakan semi solid.

Gemuk dengan oli itu berbeda, kegunaanya pun berbeda. Ada beberapa bagian yang harusnya memakai gemuk. Jika dipaksakan memakai oli, bisa cepat habis. Sementara itu gemuk sifatnya cukup lengket.

sebab itu, pemilik sepeda motor harus tahu persis apakah perbedaan keduanya. Jangan sampai, onderdil yang mestinya memakai oli, justru memakai gemuk. Ataupun sebaliknya. Berikut di bawah ini adalah titik pelumasan gemuk dan oli pada sepeda motor.

Komponen yang memakai gemuk mulai dari bearing, swingarm, as roda depan dan belakang, CVT, pedal rem, kabel dan tuas gas.

Sedangkan yang memakai Oli mulai dari rantai, tuas gigi, kabel kopling, standar tengah dan juga standar samping.

Titik Pelumasan Gemuk Dan Oli Pada Sepeda Motor | Rudiyanto | 4.5