Trik Mengatasi Blind Spot Saat Mengemudi

Wednesday, March 15th, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Trik Mengatasi Blind Spot Saat Mengemudi – Istilah blind spot atau titik buta pada konteks berkendara belum terlalu dikenal oleh sebagian besar pengendara. Padahal, ini sangat penting, supaya dapat melihat dampak buruk yang ditimbulkan.

Sebab, blind spot adalah bagian dari sekeliling kendaraan yang tidak bisa diamati atau dilihat oleh pengendara dikarenakan beberapa alasan, semisal jangkauan kaca spion yang terbatas, ataupun terhalang muatan yang diakut.

Trik Mengatasi Blind Spot Saat Mengemudi

Trik Mengatasi Blind Spot Saat Mengemudi (Sumber Gambar : flickr)

Apabila melihat posisinya, titik buta setiap kendaraan berbeda. Misalnya, bila mobil berpenumpang titik buta ada pada sebelah kiri dan juga kanan pengemudi, pada kendaraan truk gandeng, biasanya pengemudi tidak dapat melihat benda yang cenderung lebih rendah.

Lalu, bagaimanakah cara mengantisipasinya supaya aman? langkah-langkah antisipasi yang perlu dilakukan, yakni dengan sangat ekstra melakukan pemeriksaan saat mengemudi, semisal menoleh sedikit setiap kali kendaraan akan berbelok.

Terlebih sepeda motor, ukurannya yang lebih kecil daripada mobil, dan terkadang nyeruduk dari bagian samping, usahakanlah untuk selalu waspada ketika hendak mengejar kendaraan lain, ataupun pun saat akan berbelok.

Untuk sejumlah mobil memang telah ada yang memakai spion khusus, supaya terhindar dari blind spot. Namun, itu belumlah tentu dapat menyelamatkan. Sejumlah pengemudi kadang ada yang mencoba mengantisipasinya dengan pemasangan spion blind spot yang mempunyai bentuk kecil serta ditempelkan di spion utama di bagian kanan dan juga bagian kiri mobil.

Cermin lebih cembung menjadikan spion ini dapat mengantisipasi blind spot atau titik buta. Akan tetapi, hal tersebut tentu tidak dapat sembarangan. Sebab, haruslah diposisikan sedemikian rupa, supaya tidak mengurangi pandangan pada kaca spion utama.

Posisi atau peletakan yang tepat saat memasang spion ini adalah pada sisi dalam bagian atas di spion utama. Sehingga sudut pandang kaca spion utama tidaklah terganggu. Ada juga yang memilih menambahkan beberapa aksesori kecil, ataupun ada pula yang memilih ekstra hati-hati, dikarenakan tidak semua orang suka menempelkan itu, namun yang jelas kewaspadaan pasti menjadi tindakan antisipasi yang utama.”

Trik Mengatasi Blind Spot Saat Mengemudi | Rudiyanto | 4.5