Umur Helm Sudah 5 Tahun? Segera Ganti

Friday, February 19th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Ketokoku.net – Helm merupakan peralatan keselamatan nomor satu bagi pengendara motor. Sebagai alat pelindung paling penting, maka kondisi helm sangat perlu diperhatikan.

Menurut Irwan, Brand Technical Support Cargloss Proriders sebagai distributor resmi helm Arai di Indonesia mengatakan bahwa helm mempunyai umur 5 tahun. Umur 5 tahun tersebut bukan bukan untuk cangkang helm, melainkan styrofoam yang terletak di dalamnya.

Umur Helm Sudah 5 Tahun, Segera Ganti

Umur Helm Sudah 5 Tahun, Segera Ganti

Styrofoam yang terdapat pada helm berfungsi untuk meredam benturan. Apabila helm sudah berusia 5 tahun maka fungsi styrofoam tersebut akan berkurang, dan keselamatan pengendara pun menjadi taruhannya.
“Apabila dilihat secara fisik memang tidak terlihat rusak. Tetapi, apabila terjadi benturan, dia tidak bekerja secara maksimal. Jika styrofoam umurnya sudah lewat 5 tahun, pas terjadi benturan styrofoam-nya itu bisa penyok, tidak elastis lagi”. Lanjut Irwan.

Maka ada beberapa tips bagi sobat yang ingin membeli helm. Yang pertama, lihat tanggal produksi helm tersebut yang terletak di bagian dalam helm. Hal ini untuk memastikan kondisi styrofoam sehingga helm akan bekerja secara maksimal.

Lalu, apakah styrofoam bisa dilakukan penggantian apabila sudah melalui batas 5 tahun?

Untuk mengganti, membutuhkan penempatan yang pas yang cukup sulit untuk dilakukan. Maka lebih baik jika sudah mencapai batas waktu 5 tahun, untuk diganti baru.

Umur Helm Sudah 5 Tahun? Segera Ganti | admin | 4.5