Umur Pemakaian Helm

Friday, October 28th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Umur Pemakaian Helm – Salah satu perangkat penting untuk keselamatan pada sepeda motor terutama pada bagian kepala adalah helm. Selain berguna sebagai pelindung dari panas sinar matahari ataupun debu pada kepala, helm mempunyai fungsi utama untuk melindungi kepala dari berbagai benturan benda keras ataupun aspal pada saat pengendara sepeda motor terjatuh.

Umur Pemakaian Helm

Umur Pemakaian Helm (Sumber Gambar : imgrum)

Untuk pemakaian serta usia, helm juga perlu diperhatikan. salah satunya apabila helm tersebut sudah pernah terlibat dalam kecelakaan atau jatuh ada baiknya jangan dipergunakan lagi. Helm yang telah mengalami benturan keras atau jatuh, kualitas pada tempurung serta komponen di dalam helm yaitu EPS shell helm sudah tidak dalam kondisi bagus lagi.

Untuk helm yang dipergunakan oleh pembalap, jika mengalami crash ataupun benturan yang sangat keras, ada baiknya jangan dipakai lagi, tetapi untuk pemakaian setiap hari apabila pernah terjatuh masih dapat dipergunakan tetapi umurnya tidak lama, dan sebaiknya sesudah dua tahun pemakaian helm diganti.

Akan lebih baik lagi helm tidak terlalu sering terkena sinar matahari secara langsung, dikarenakan akan mengurangi kualitas dari EPS Shell-nya. Selain dari itu, busa yang terdapat pada helm juga akan menyusut, alhasil helm tidak nyaman lagi pada saat digunakan.

Demikian artikel mengenai Umur Pemakaian Helm yang dapat kami sampaikan, semoga kita selalu dinaungi keselamatan pada saat berkendara dan tetap waspada dari potensi bahaya dijalanan. Semoga bermanfaat dan menjadi wawasan tambahan bagi para bikers Indonesia.

Umur Pemakaian Helm | Rudiyanto | 4.5