Waktu Yang Tepat Melakukan Spooring dan Balancing

Saturday, September 17th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Waktu Yang Tepat Melakukan Spooring dan Balancing – Tidak hanya mesin serta bodi luar saja yang harus pemilik mobil perhatikan, bagian bawah mobil yaitu kaki-kaki mobilpun memerlukan perhatian ekstra dan perawatan yang khusus.

Gangguan yang umumnya timbul adalah ketidakseimbangan pada posisi ban. Hal ini akan mengakibatkan gangguan pada handling, diantaranya yaitu kemudi akan bergetar serta mobil akan sulit untuk berjalan lurus dan normal.

Waktu Yang Tepat Melakukan Spooring dan Balancing

Waktu Yang Tepat Melakukan Spooring dan Balancing (Sumber Gambar : asapmobil)

Oleh karena itu, dibutuhkan perawatan yang khusus dengan melakukan spooring dan balancing. Tetapi, sangat disayangkan tak banyak pemilik mobil yang memahami istilah ini. Terlebih hal tersebut sangatlah mempengaruhi kinerja handling dan juga menjaga komponen kaki-kaki supaya lebih awet.

Waktu Yang Tepat Melakukan Spooring dan Balancing

Jika hal tersebut dibiarkan begitu saja, ban pada mobil Anda akan cepat terkikis dan komponen lain pun akan kena imbasnya. Terlebih harga ban serta suku cadang lainnya tidak murah. Disamping itu, kendaraan pun akan sulit dikemudikan dan resiko terjadi kecelakaan sangat besar.

Ketika Anda mengendarai mobil, ban mengalami pengikisan yang mengakibatkan dampak tidak lurusnya posisi ban depan serta ban belakang. Oleh karena itu Spooring dan balancing sangat wajib dilakukan karena, hal tersebut berfungsi sebagai tindak lanjut guna meluruskan posisi serta menyeimbangkan titik berat pada ban.

Kapankah waktu yang tepat melakukan spooring dan balancing? Ada baiknya perawatan ini dilakukan setiap kali melakukan pergantian suku cadang pada kaki-kaki, akan tetapi ada baiknya juga Anda melakukannya secara berkala dan rutin.

Merujuk pada saran pabrikan mobil, umumnya disarankan melakukan spooring dan balancing setiap 10.000 kilometer. Tetapi, lebih baik jika dilakukan lebih awal yakni pada 5000 kilometer. Hal tersebut umumnya diiringi dengan rotasi ban agar kondisinya dapat lebih awet.

Demikianlah pembahasan tentang waktu yang tepat melakukan spooring dan balancing yang dapat kami berikan untuk tambahan wawasan serta ilmu para pemilik mobil. Semoga bermanfaat dan dapat dimengerti pembaca sekalian.

Waktu Yang Tepat Melakukan Spooring dan Balancing | Rudiyanto | 4.5