Waktu Yang Tepat Servis Besar Sepeda Motor

Thursday, April 27th, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Waktu Yang Tepat Servis Besar Sepeda Motor – Terdapat dua macam servis pada kendaraan jenis sepeda motor yang cukup dikenal oleh masyarakat. Pertama servis ringan, dan yang kedua adalah servis secara total atau dikenal dengan istilah servis besar.

Waktu Yang Tepat Servis Besar Sepeda Motor

Waktu Yang Tepat Servis Besar Sepeda Motor (Sumber Gambar : wikimedia)

Pada jenis servis besar, biasanya yang akan dikerjakan oleh mekanik adalah membongkar komponen mesin memeriksa serta membersihkan tiap komponen. Alasanya, pada jarak atau kilometer tertentu pada ruang bakar ada kerak sehingga bisa mengganggu proses dari pembakaran.

Sementara itu, komponen mesin yang umumnya diganti pada servis besar di antaranya adalah komponen piston, komponen ring piston, dan juga packing full set. Piston serta ring piston yang tidak presisi dapat menyebabkan oli rembes pada ruang bakar dan akhirnya bisa menghasilkan asap berwarna putih yang keluar dari pembuangan atau knalpot.

Waktu yang dirasa tepat untuk melakukan servis besar tidak dapat ditentukan. Maka dari itu, sangat disarankan servis besar dilakukan ketika mesin sepeda motor mulai terindikasi beberapa masalah.

Servis besar pada sepeda motor dilakukan ketika sudah terdapat gejala kerusakan. Seperti terdengar bunyi pada rpm di atas 3.000, itu indikasi dari stang piston yang mulai rusak. Ataupun terdengan suara yang berisik dikarenakan rantai keteng longgar.

Melakukan servis besar tentunya harus mempunyai anggaran yang cukup besar, hal ini dikarenakan terkadang satu kerusakan pada sepeda motor terutama pada komponen mesin, bisa merembet pada komponen lainnya terutama pada mesin sepeda motor 4 langkah.

Waktu Yang Tepat Servis Besar Sepeda Motor | Rudiyanto | 4.5