Yang Harus Dilakukan Ketika Rem Mobil Blong

Wednesday, January 4th, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Yang Harus Dilakukan Ketika Rem Mobil Blong – Rem blong kerap kali menjadi penyebab utama kasus kecelakaan kendaraan bermotor. Hal tersebut harus diwaspadai, karena akan mengancam nyawa pengemudi, penumpang, serta pengguna jalan lain.

Rem yang blong dipengaruhi sejumlah faktor seperti selang yang bocor, masalah pada booster atau master rem, kanvas rem yang sudah tipis, kuantitas dan kualitas minyak rem yang kurang bagus, dan piston rem yang aus.

Langkah pertama dan yang cukup mudah menghindari rem blong, yaitu melakukan pemeriksaan atau pengecekan komponen rem dengan rutin.

Yang Harus Dilakukan Ketika Rem Mobil Blong

Yang Harus Dilakukan Ketika Rem Mobil Blong (Sumber Gambar : drivers ed guru)

Komponen yang harus diperiksa antara lain minyak rem, piston, booster rem, kanvas rem, selang, dan master rem. Seluruh komponen harus dalam keadaan yang baik. Bila ditemukan kejanggalan, lebih baik langsung meminta bantuan teknisi guna memperbaikinya.

Lantas, apa yang harus dilakukan ketika rem mobil blong?

Injak dan lepas pedal rem beberapa kali sembari mengurangi laju mobil. Sesudah laju mobil dirasa berkurang, segeralah pindahkan gigi perseneling dengan perlahan.

Pastikan kendaraan dalam keadaan yang aman. Pastikan juga kendaraan memiliki jarak yang cukup jauh dari kendaraan yang ada di depan dan juga belakang.

Bila kecepatan mobil telah menurun segeralah memposisikan mobil mendekati tepi jalan. Saat itulah pakai rem tangan guna menghentikan laju mobil.

Apabila mobil masih belum dapat berhenti , dapat mengambil langkah darurat yakni menabrakkan mobil pada benda mati yang mungkin hanya menimbulkan dampak bahaya yang minim.

Ada baiknya ditabrakkan bagian samping mobil dan jangan bagian depan dari mobil, dikarenakan kemungkinan mobil terpental. Resiko kerusakan mobil dan juga luka yang diderita akan lebih minim.

Yang Harus Dilakukan Ketika Rem Mobil Blong | Rudiyanto | 4.5