Yang Harus Diperiksa Sebelum Mudik Dengan Mobil Matik

Wednesday, June 7th, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Yang Harus Diperiksa Sebelum Mudik Dengan Mobil Matik – Menggunakan kendaraan jenis mobil dengan transmisi otomatis pada saat mudik lebaran, bisa menjadi alternatif supaya perjalanan jauh ke kampung halaman tetap nyaman. Akan tetapi, janganlah lupa untuk selalu memeriksa komponen-komponen mobil Anda, supaya tidak terjadi problem atau masalah di tengah – tengah perjalanan.

Yang Harus Diperiksa Sebelum Mudik Dengan Mobil Matik

Yang Harus Diperiksa Sebelum Mudik Dengan Mobil Matik (Sumber Gambar : flickr)

Untuk para pemudik yang hendak membawa mobil matik, ada baiknya untuk memeriksa oli transmisi. Ada baiknya pemudik mengganti oli transmisi sebelum berangkat melakukan perjalanan yang jauh.

Sebetulnya kekuatan dari mobil matik ada di oli transmisi. Jadi, perhatikanlah oli sebelum Anda melakukan perjalanan yang jauh seperti mudik lebaran atau liburan.

Untuk subtitusi oli juga harus melihat jenis transmisnya terlebih dulu. Apabila CVT, gunakanlah oli khusus, untuk mobil matik konvensional bisa menggunakan oli ATF atau singkatan dari automatic transmission fluid.

Sementara itu, perhatikan pula jenis transmisinya. Apakah mempunyai modul yang terendam oli ataukah tidak. Apabila modulnya terendam oli, maka diperlukan oli khusus. Selain komponen oli, periksa pula TCM-nya atau Transmission Control Module.

Setelah seluruh komponen diperiksa atau diganti, janganlah lupa untuk memeriksa perpindahan gigi perseneling. Bila perpindahan dari gigi P, N, R, dan D masih terasa normal maka mobil matik siap untuk digunakan sebagai alat transportasi mudik menuju kampung halaman.

Yang Harus Diperiksa Sebelum Mudik Dengan Mobil Matik | Rudiyanto | 4.5